Minggu, 21 Agustus 2011

Pria yang 'Itunya' Susah Bangun Obatnya Cuma Vitamin B3

Pria-pria yang punya masalah dengan kolesterol banyak mengalami komplikasi pada jantung dan pembuluh darah, termasuk kehilangan kemampuan ereksi alias susah bangun. Obatnya cukup sederhana, yakni vitamin B3 yang banyak terkandung dalam makanan sehari-hari.

Berkurangnya kemampuan ereksi pada pria dengan kolesterol tinggi terjadi akibat tersumbatnya aliran darah ke sekitar penis. Penyebabnya tak lain adalah kolesterol jahat yang membentuk plak di dinding pembuluh darah, sehingga aliran darah tidak lancar.

Meski komplikasi pada alat vital relatif tidak terlalu mematikan jika dibandingkan pada jantung, namun dampaknya sangat mempengaruhi kualitas hidup seorang pria. Terlebih jika pria itu masih dalam usia produktif, yang tentunya butuh berhubungan seks untuk bisa punya anak.

Baru-baru ini, para ilmuwan dari Chinese University di Hong Kong menemukan solusi sederhana untuk mengatasi disfungsi ereksi pada pria-pria dengan kolesterol tinggi. Solusi tersebut adalah vitamin B3, atau dalam istilah kimianya sering disebut niacin.

Selain dijual dalam bentuk tablet suplemen, niacin juga mudauh diperoleh dalam makanan sehari-hari. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung niacin antara lain hati ayam, tuna, telur, daging sapi, alpukat, tomat daun-daunan dan juga wortel.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Sexual Medicine tersebut, para ilmuwan menggunakan niacin dalam bentuk tablet. Suplemen tersebut diberikan secara rutin pada 160 pria yang punya masalah disfungsi ereksi gara-gara kolesterolnya tinggi.

Sebagai pembanding, para ilmuwan yang dipimpin oleh Dr Chi-Fai memberikan plasebo atau obat kosong pada 80 pria. Kelompok yang mendapat plasebo juga memiliki keluhan yang sama, yakni susah ereksi akibat mengalami komplikasi kadar kolesterol tinggi.

Hasilnya para pria yang rutin mengonsumsi niacin mengalami perbaikan fungsi ereksi, sementara yang mendapat plasebo tetap susah ereksi. Selain itu, komposisi lemak pada pria yang mendapat niacin juga membaik dalam arti kolesterol jahatnya berkurang.

"Yang mengesankan dalam penelitian ini adalah bahwa niacin adalah obat yang sangat tua dan keamanannya sudah sangat teruji. Pada dasarnya ini hanya vitamin dan ini adalah cara yang sangat mudah untuk mengatasi disfungsi ereksi," ungkap Dr Chi-Fai seperti dikutip dari Indiavision

Tidak ada komentar: