Minggu, 09 September 2012

cara memilih ayam yang sehat

Daging ayam merupakan salah satu favorit bila hari raya idul fiitri atau idul adha. Namun terkadang kita tidak mampu membedakan mana daging ayam yang sehat mana yang tidak. Cara memilih Ayam yang sehat merupakan solusi untuk permasalahan dalam memilih daging ayam. Di bawah ini akan kami berikan cara memilih ayam yang sehat untuk anda gunakan pada hari raya idul fitri maupun hari – hari dimana anda menggunakan ayam sebagai lauknya.

Cara Memilih Ayam Hidup yang sehat

cara memilih ayam yang sehat
cara memilih ayam yang sehat
Ayam yang sehat terlihat matanya bening, badan dan kepalanya tegak dan satu lagi bahwa ayam yang sehat lincah dalam pergerakannnya, sedangkan ayam yang sakit akan kelihatan loyo, matanya sering sekali tertutup dan kepalanya sering kali tertunduk dan hampir selalu duduk. Jika memilih
Cara Memilih Ayam yang sehat dari segi dagingnya
Daging Ayam yang sehat
Daging Ayam yang sehat
Membeli ayam yang sudah dipotong atau membeli daging ayam di tempat tertentu sebainya anda memperhatikan tentang jaminan kebersihan tempat anda membeli ayam. Dari segi dagingnya maka pilihlah daging ayam yang sehat dan bersih pula, kulitnya putih kekuningan merata dibawah kulit, kesat, tidak berair, harus elastis (bila ditekan jari, akan kembali seperti semula), dan memiliki aroma ayam yang khas dan segar, tidak berbau busuk dan tidak berbau darah, biasa di hinggapi lalat namun tetap bersih, tak ada tenda yang mencurigakan seperti tanda-tanda memar pada bagian tubuhnya . Jika anda membeli ayam negeri utuh yang sudah di potong perhatikan besarnya beratnya sekitar 0,9 kg sampai 1,2 kilogram.
Cara memilih karkas ayam yang sehat
Daging karkas ayam ini padat mulai dari paha, betis, dada dan sayapnya tebal dagingnya. Lemaknya menyebar merata di bagian bahwa kulit. Kulita halus dan tidak memar serta tidak banyak goresan . Ciri – ciri yang lain seperti ciri – ciri daging ayam sehat di atas. Tak ada tulang yang patah.
Belilah daging ayam bagian tertentu saja jika anda menginginkan potongan tertentu seperti potongan paha, sayap atau dada, sehingga mudah mengolahnya.
Ciri – Ciri daging ayam yang tidak sehat atau ayam tiren
ayam-tiren
Contoh karkas ayam tiren
Istilah daging ayam tiren atau ayam mati tanpa dipotong dan sangat sering di jual oleh penjual yang tidak bertanggungjawab. Penjual menjual ayam tiren ini dengan harga yang murah. Biasanya ayam tiren ini warna dagingnya putih pucat serta merah kehitam-hitaman yang timbul karena penumpukan darah yang tidak keluar saat ayam ini mati. Biasanya ayam ini direbus dahulu dan diberi kunyit untuk agar warnanya kuning dan menghilangkan bau busuknya. Lebih baik membeli daging ayam yang sehat seperti penjelasan sebelumnya.
Ciri – ciri daging ayam yang di suntik
daging ayam yang disuntik
daging ayam yang disuntik
Istilah sapi gelonggongan ternyata berlaku juga buat ayam dengan istilah ayam gelonggongan. Daging ayam gelonggongan ini dapat di ketahui dengan cara melihat, meraba dan bahkan anda bisa menusik daging ayamnya sendiri. Daging ayam ini kelihatan membengkak terutama di bagian sayapnya. Jika ayam tersebut diangkat dari tempatnya maka akan ada air menetes dan kelihatan daging ayam tersebut becek (becek ndak ada ojek …. seperti cinta laura saja :) ). Daging ayam ini lebih cepat membusuk dibanding dengan daging ayam yang sehat. Jik abagian daging di tekan maka dagingnya tidak kembali seperti semula.
Demikianlah cara memilih ayam yang sehat untuk bahan makanan anda baik untuk berbuka puasa maupun hari raya idul fitri nanti. Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan bathin. Semoga bermanfaat bagi anda semua.
(source : http://armanefendi.com/kesehatan/cara-memilih-ayam-yang-sehat-untuk-lebaran-idul-fitri.html)