Kamis, 06 September 2012

F-PD: Stop Kunker Wisata ke LN untuk Pulihkan Kepercayaan Rakyat

Jakarta Fraksi Partai Demokrat di DPR merespons kunker Baleg DPR ke Denmark menyangkut RUU Palang Merah Indonesia yang diselingi wisata. FPD mendorong pemberhentian sementara kunker ke LN untuk memulihkan citra DPR.

"Harus ada moratorium untuk menghentikan sementara kunker atau studi banding ke luar negeri untuk memulihkan kepercayaan publik terhadap DPR. Dan Anggota DPR untuk memaksimalkan turun ke dapil untuk melayani para pemilihnya," kata Sekretaris FPD DPR Saan Mustopa, kepada detikcom, Jumat (7/9/2012).

Pandangan senada disampaikan Ketua Umum PD Anas Urbaningrum. Menurut Anas, harusnya anggota DPR meningkatkan kinerjanya ketimbang kunker ke LN.

"Yang paling utama adalah aktif dan kontributif dalam rapat-rapat di DPR dan aktif melayani konstituen di dapilnya. Itulah tugas utama anggota dewan," ingat Anas.

Ke depan, Anas mengingatkan, agar kunker hanya diarahkan untuk kepentingan mendesak. "Bukan berarti dilarang kunker. Untuk hal yang sangat urgent dan sangat selektif, kunker bisa dilakukan,"katanya.

Anggota Baleg DPR yang berkunjung ke Denmark untuk studi banding RUU PMI ternyata menyempatkan diri bersantai. Anggota DPR tertangkap kamera sedang menyusuri Copenhagen Channel (Sungai Copenhagen) dengan perahu wisata.

Berdasarkan foto yang dikirim oleh pembaca detikcom, Kamis (6/9/2012), 10 anggota Baleg DPR peserta kunker Panja RUU PMI tampak sedang bercanda di atas perahu wisata menyusuri sungai di Copenhagen. Beberapa diantara mereka tampak mengenakan kacamata hitam untuk menghindari terik matahari. Di bawah perahu mereka mengalir aliran sungai nan jernih.

"Anggota DPR yang sedang berkunjung ke Denmark untuk membahas logo PMI terlihat sedang turut tour sekitar kanal di Copenhagen Channel. Foto diambil sekitar pukul 14.30 siang ini waktu setempat," kata sumber dari pembaca detikcom yang enggan disebutkan namanya.

Menurut pengirim foto tersebut, para anggota dewan sedang berada di Nyhavn, Copenhagen, Denmark. Kebetulan pembaca detikcom ini yang memang bekerja dan berdomisili di Denmark, memergoki para anggota dewan itu.

Saat dikonfirmasi detikcom, Ketua Baleg DPR Ignatius Mulyono yang juga ikut berangkat ke Denmark tidak membantah tentang hal ini. Ignatius menduga teman-temannya sedang berada di daerah teluk. Namun Ignatius menuturkan, dirinya memang lebih banyak istirahat di hotel saat tidak ada kegiatan.

"Saya kan tidak se-fit mereka mas, saya kemarin juga habis sakit," kata Ignatius kepada detikcom.

Tidak ada komentar: