Sabtu, 08 September 2012

Cara Menghemat Pengeluaran Anda Setiap Hari Bagi yang Kelebihan Uang

ekarang tahun 2012 dan menurut pemerintah bahwa peningkatan ekonomi bangsa indonesia di atas 6% artinya sudah banyak orang-orang Indonesia yang sukses dalam bisinisnya sehingga banyak dari orang kaya baru ini tidak mengetahui cara menghemat pengeluaran mungkin karena mereka berpikir bahwa uang mereka sudah banyak, padahal yang namanya kekayaan tidak selamanya akan langgeng kecuali jika kita mengetahui bagaimana cara menghemat pengeluaran untuk barang yang sebenarnya tidak kita perlukan.
Untuk orang kaya hal tersebut perlu diketahui apalagi bagi orang yang berpendapatan rendah seharunya tahu cara menghemat pengeluaran dan mampu mengatur dengan manajemen yang baik. Apalagi harga-harag kebutuhan rumah tangga selalu naik setiap saat tanpa ada waktu yang jelas sehingga kita tak mampu mempersiapkan diri sedini mungkin.
Namun anda tidak perlu khawatir jika anda belum tahu atau sudah lupa cara menghemat pengeluaran maka di bawah ini kami mencoba memberikan solusi mudah agar anda mampu survive . Namun hal ini akan berhasil jika anda mempraktekkannya bukan hanya membacanya. Cara menghemat pengeluaran anda adalah sebagai berikut :
Efesiensikan  Penggunaan Rumah Anda
Salah satu pengeluaran terbesar biasanya terjadi untuk biaya operasional rumah yang sangat besar yang memiliki banyak fasilitas seperti kolam renang, banyaknya lampu-lampu hias, ada lift atau lainnya. Dari banyaknya fasilitas tersebut maka biaya perawatan akan besar padahal banyak dari fasilitas tersebut tidak anda gunakan sehingga jadi mubasir. Sebaiknya fasilitas yang jarang di pakai di nonaktifkan saja sehingga pengeluaran anda menjadi lebih irit. Jika anda memiliki rumah lebih dari satu maka pilihlah rumah yang sedang saja yang cukup untuk keluarga anda dan mungkin dekat dengan tempat kerja atau sekolah anak anda dan mungkin juga dekat dengan temapt-tempat penting seperti pasar untuk keperluan belanja.
Juallah barang anda yang berlebih dan tidak anda perlukan
Jika anda memiliki barang yang jarang anda gunakan dan sebenarnya anda tidak memerlukannya namun sekedar anda pakai untuk bergaya sebaiknya anda jual, misalnya anda kelebihan mobil sebaiknya anda jual salah satu mobil anda. Perawatan mobil dapat menghabiskan banyak biaya padahal mobil anda itu tidak digunakan cuma diparkir saja. Pilihlah mobil yang hemat bahan bakar sebagai alat transportasi anda sehari-hari.
Jangan belanja sembarangan
Belanja bagi seorang wanita adalah hobbi. Banyak wanita tidak mampu menghadapi godaan ini dan hal ini merupakan bagian tersulit untuk tidak melakukan belanja. Jika anda ingin belanja sebaiknya anda membuat daftar belanjaan terlebih dahulu muali dari yang terpenting sampai yang kurang penting. Tidak perlu memasukkan barang yang tidak penting dan mendesak di daftar belanjaan anda. Bagi wanita lebih baik anda mengurangi pembelanjaan kurang penting seperti sepatu model baru, busana model baru dan lain-lain. Jika anda lakukan ini beberapa waktu saja maka anda akan takjub seberapa banyak uang yang anda bisa hemat.
Stop penggunaan kartu kredit
Memiliki kartu kredit sebenarnya mempunyai tujuan agar anda tidak perlu membawa uang cash kemana-mana dan membuat anda aman. Namun kebanyakan dari kita menggunakan kartu kredit justru karena mudahnya pembayaran dengan hanya menggesek sehingga anda tidak sadar akan pembayaran kartu kredit anda di setiap bulannya membengkak sehingga anda lebih memprioritaskan pembayaran kartu kredit anda dibanding anda membeli kebutuhan pokok lainnya seperti beras, gula ataupun pembayaran listrik rumah anda.
Jangan sering melakukan pesta besar

 Berpesta sebenarnya perlu jika kita memang membutuhkannya seperti ingin menyambung silaturahmi dengan tetangga atau ingin kumpul dengan keluarga dan sahabat ataupun teman-teman lainnya. Perayaan Hari Ulang tahun, Perayaan wisuda adalah moment di mana bisa di rayakan sebagai kenang-kenangan. Namun lakukanlah dengan bijak jangan terlalu menghamburkan uang, cukup anda menjamu dengan makanan yang pantas dan pesta anda dengan hiburan yang pantas pula, tidak perlu anda mengundang grup band terkenal cukup anda menyiapkan musik dari cd atau mp3 player atau karaoke dan masih banyak lagi yang lainnya.
 Janganlah sering bepergian keluar kota
Keluar kota di akhir pekan bersama keluarga adalah salah satu cara untuk mengusir kepenatan atau stress akibat anda bekerja selama sepekan. Hal ini memang kita butuhkan untuk menghilangkan stress tersebut. Berlibur keluar kota apalagi keluar negeri membutuhkan biaya sangat besar. Namun demikian bukan berarti anda tidak boleh bepergian namun janganlah anda keseringan bepergian. Jika anda seang dengan traveling maka sebaiknya anda traveling di tempat terdekat dari rumah anda sehingga biaya anda sedikit. Lakukan bepergian jauh cukup sekali atau dua kali setahun.
Demikianlah cara menghemat pengeluaran anda agar anda bisa menghemat dan menggunakannya untuk hal-hal yang lebih berguna. Untuk cara menghemat pengeluaran untuk anda yang kekurangan uang bisa di baca di sini
Sumber : http://armanefendi.com/pribadi/cara-menghemat-pengeluaran-anda-setiap-hari-bagi-yang-kelebihan-uang.html/

Tidak ada komentar: