Sabtu, 17 Oktober 2009

Berkah bagi Rossi dan Musibah bagi Lorenzo


Reuters
Phillip Island - Valentino Rossi cuma bisa duduk di posisi dua MotoGP Australia karena kalah atas Casey Stoner. Tapi karena Jorge Lorenzo kecelakaan, 20 poin sudah jadi berkah buat The Doctor demi mempertahankan gelar juara dunia.

Pedrosa mampu langsung melonjak ke posisi terdepan saat balapan dimulai. Dapat posisi start ketiga, pembalap Honda asal Spanyol itu mendahului Casey Stoner dan Valentino Rossi yang berada di depannya.

Nasib buruk didapat Jorge Lorenzo yang harus langsung tersingkir di tikungan pertama. Terjatuh dari tunggangannya, pembalap Spanyol itu terseret beberapa puluh meter dan terguling-guling sebelum berhenti di atas gravel. Di momen yang sama Nicky Hayden juga ikut menyasar ke gravel meski dia masih bisa bertahan di atas Ducatinya.

Dalam tayangan lambat terlihat kalau kecelakaan diawali Lorenzo yang menyenggol bagian belakang motor Hayden. Pembalap Spanyol itu sesungguhnya terlihat berhasil menguasi tunggangannya sebelum dia kemudian kehilangan kendali, menyerah dan terjatuh.

Keunggulan Pedrosa tak bertahan lama karena selepas lap pertama dia sudah kehilangan posisi terdepan yang diambil alih Stoner. Pembalap Honda itu kemudian harus kembali turun ke urutan tiga karena Rossi gantian menyalipnya.

Memasuki lap ketiga Stoner, Rossi dan Pedrosa mulai membentuk kelompok sendiri di posisi terdepan. Sementara kelompok kedua di belakangnya ditempati Alex De Angelis, Colin Edwards, Toni Elias dan Randy De Puniet. Berhasi lolos dari kecelakaan, Hayden menjadi pembalap di posisi paling buncit.

Persaingan tiga pembalap terdepan tak bertahan lama. Saat stoner, yang tampil beda dengan seragam putih, dan Rossi sengit bertarung memperebutkan posisi terdepan, Pedrosa tak mampu mengimbanginya, dia kemudian tercecer dan mulai menjauh di lap kelima.

Di lap 10 James Toseland harus masuk pit untuk menjalani penalti. Rider Yamaha Tech 3 itu dianggap mencuri start.

Kembali ke persaingan di barisan terdepan, Rossi berhasil memangkas jaraknya dengan Stoner. Pada beberapa tikungan sang juara dunia terlihat akan mampu mencuri posisi terdepan, meski Stoner kemudian berhasil melindungi keunguulannya. Saat masuk lap 12 Rossi cuma tertinggal 0,02 detik atas seterunya itu.

Di lap yang sama terjadi perubahan posisi di urutan tujuh yang kini menjadi mika Mika Kallio sedangkan Toni Elias melorot ke urutan 10.

Saat balapan tersisa 12 putaran Stoner berhasil menjauhkan jaraknya menjadi lebih dari setengah detik. Namun hanya dalam dua lap rossi kembali merapat, kali ini kembali ke selisih 0,2 detik.

Jika Stoner berhasil memenuhi ekspektasi pendukungnya dengan bertarung di barisan depan, tidak demikian dengan Chris Vermuelen. memulai balapan dari luar posisi 15 besar, pembalap Rizla suzuki itu masih tertahan di urutan 11 saat masuk lap 17.

Di lap-lap terakhir Rossi sepertinya tak ngotot lagi mengejar Stoner yang masih berhasil menjaga keunggulan di posisi terdepan. The Doctor terlihat memilih main aman mengingat dia terpaut jauh dari Pedrosa di urutan ketiga dan Lorenzo yang jadi pesaing terdekatnya dipastikan tak dapat poin.

Publik Phillip Island akhirnya menyaksikan lagi jagoan lokalnya meraih kemenangan setelah Stoner menyentuh finis di urutan terdepan. Sementara Rossi terlihat cukup puas dengan podium kedua yang membuat jaraknya dengan Lorenzo merenggang ke angka 38 poin.

Hasil MotoGP Australia
Pos Rider Bike Time/Gap
1. Casey Stoner Ducati 40m56.651s
2. Valentino Rossi Yamaha + 1.935s
3. Dani Pedrosa Honda + 22.618s
4. Alex de Angelis Gresini Honda + 32.702s
5. Colin Edwards Tech 3 Yamaha + 35.885s
6. Andrea Dovizioso Honda + 38.482s
7. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 44.451s
8. Randy de Puniet LCR Honda + 44.941s
9. Mika Kallio Pramac Ducati + 54.345s
10. Toni Elias Gresini Honda + 1m01.205s
11. Chris Vermeulen Suzuki + 1m05.417s
12. Loris Capirossi Suzuki + 1m05.950s
13. Gabor Talmacsi Scot Honda + 1m17.951s
14. James Toseland Tech 3 Yamaha + 1m17.985s
15. Nicky Hayden Ducati + 1 lap ( din / mrp )

Tidak ada komentar: