Rabu, 05 Mei 2010

Cewek Jatuh, Terobos Razia Busana Muslim


BANDA ACEH, KOMPAS.com — Seorang wanita pengendara sepeda motor yang coba menerobos razia busana muslim terjatuh. Insiden ini terjadi akibat ia coba menabrak seorang petugas Wilayatul Hisbah yang sedang melakukan razia di Jalan T Nyak Arief, Simpang Mesra, Banda Aceh, Selasa (4/5/2010).

Seperti yang kerap diberitakan, razia macam ini dilakukan dengan alasan menegakkan syariat Islam di Aceh. Mirip dengan razia kendaraan bermotor, para petugas biasanya menghentikan wanita yang membawa kendaraan. Biasanya pula wanita yang kedapatan tidak berpakaian sesuai dengan syariat akan diamankan untuk diberi nasihat terkait qanun atau Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2002 tentang Busana Muslim sebagai pelaksanaan syariat Islam di NAD.

Pihak penegak syariat meyakini razia macam ini mampu mengontrol perilaku warga, khususnya perempuan. Mereka wajib mengenakan jilbab dan tidak mengenakan pakaian ketat. Dalam kasus di atas, sepertinya si wanita takut ditangkap karena mengenakan celana jins yang "relatif" ketat meski ia telah memakai jilbab.

Tidak ada komentar: