Jumat, 22 Juli 2011

Google Merambah Bisnis Indonesia

Setelah beberapa perusahaan online seperti Yahoo! dan Multiply saja yang kesemsem dengan Indonesia, dengan membuka kantor cabangnya di Indonesia. Pasalnya, tak lama lagi Google juga akan membuka kantornya di Indonesia. Sesuai berita yang saya baca dari detiknet.com, Chairman Executive Google Eric Schmidt telah bertemu dengan Wakil Presiden Budiono pada Jumat 22 Juli 2011 untuk membicarakan rencana pembukaan kantor Google di Indonesia.
Saya sangat setuju dengan pernyataan Juru Bicara Wakil Presiden RI, Yopie Hidayat yang mengatakan bahwa Google memang agak terlambat membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Soalnya, seperti yang kita tahu saat ini Indonesia memiliki jumlah pengguna internet yang sangat besar di dunia.
Ini terbukti dari pengguna berbagai situs, di mana pengguna terbesarnya berasal dari Indonesia, seperti: Facebook, Yahoo!, Multiply, dan sebagainya. Ketelatan ini, juga terlihat ketika Google lebih memilih membuka cabangnya di Singapura dan Malaysia lebih dulu ketimbang Indonesia yang notabene memiliki jumlah penduduk yang lebih besar dari kedua negara di Asia Tenggara tersebut.
Dugaan saya, Google mau membuka kantornya di Indonesia lantaran melihat beberapa situs sudah membuka kantor perwakilannya di Indonesia, seperti: Yahoo! dan Multiply. Ditambah lagi dengan kabar bahwa Facebook juga akan mempertimbangkan untuk membuka kantornya di Indonesia, seperti yang pernah diungkapkan oleh Javier Olivian, salah seorang petinggi Facebook di Jakarta beberapa waktu yang lalu.
Jika benar Google akan mengembangkan platform yang mendukung bisnis dan industri Usaha Kecil Menengah (UKM), bisa jadi Google akan menjadi pesaing terberat bagi Multiply Indonesia. Merasa tersaingi  atau tidak, yang jelas Multiply Indonesia mulai dari sekarang harus terus bergerak lebih cepat dan baik untuk mengembangkan Multiply Commerce-nya di Indonesia.
Rencana kehadiran kantor Google di Indonesia, jelas akan semakin memeriahkan pasar bisnis online di Indonesia. Untuk itu, bagi yang ingin berbisnis online sebaiknya mulai bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Google. Dipastikan akan banyak peluang menggiurkan dari berbisnis secara online.
Selain itu, dengan dibukanya perwakilan Google di Indonesia, juga ada kemungkinan Google Adsense mendukung blog/situs berbahasa Indonesia. Jadi, ini kabar yang sangat baik bagi para publisher yang mencari penghasilan lewat internet melalui program PPC dari Google Adsense. Melihat banyaknya peluang, saya jadi teringat dengan kata-kata ini “kesempatan akan datang, bila ada persiapan yang matang”.
Yes, saya sudah tidak sabar menunggu Google masuk Indonesia.

Tidak ada komentar: