Rabu, 24 Juli 2013

Cara Memilih Makanan dan minuman Berbuka Puasa

Pada bulan puasa anda pasti memikirkan cara memilih makanan dan minuman berbuka puasa. Namun jangan risau akan hal ini karena kami akan menjelaskan tips dan trik memilih makanan untuk berbuka. Anda akan merasa beruntung jika anda bisa berbuka di rumah anda dan mengkonsumsi makanan sehat yang bergizi. Namun bagaimana jika anda termasuk orang yang kerja kantoran atau orang yang memiliki banyak pekerjaan ?  Cara berikut ini adalah jalan untuk membuat anda lebih sehat dalam menjalani hari-hari puasa anda.
Pemilihan Makanan dan miuman berbuka puasa dan perhatikan cara memilih makanan dan miuman berbuka puasa berikut ini. Makanan dan minuman yang perlu di sediakan untuk berbuka puasa adalah sebagai berikut :

Cara memilih Sayur-sayuran

Sayur yang paling bermanfaat sampai saat ini yang ditemukan oleh para ahli adalah sayur bayam, wortel dan brokoli. Sayuran tersebut banyak mengandung antioksidan, vitamin B. Anda bisa mengolahnya menjadi bermacam-macam bentuk sayuran. Anda bisa menjadikannya jus atau salad.

Cara memilih Daging dan Ikan

Daging dan ikan memiliki protein yang cukup tinggi. Jika anda ingin membeli daging usahakan daging yang  tidak memiliki lemak yang banyak sehingga kalori dalam tubuh anda terkontrol.

Cara memilih Susu

Jika anda ingin minum susu maka anda perlu memperhatikan resiko yang bisa di timbulkan seperti resiko tekanan darah tinggi. Anda perlu mengkonsumsi susu yang berkalsium tinggi . Kalsium berguna untuk mencegah penggumpalan darah, memperlancar penyampaian impuls syaraf dan detak jantung menjadi stabil.

Cara Memilih Buah

Vitamin C dan mineral adalah zat-zat yang terdapat pada umumnya buah-buahan. Zat-zat ini banyak terdapat pada buah jeruk,melon,jambu,semangka,nanas.

Tips di bawah ini adalah cara-cara memperlakukan tubuh terhadap makanan

- Jika anda makan sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman yang sangat dingin, mendingan anda memulai makan atau minum dengan makanan atau minuman yang hangat.
-  Sebaiknya anda menghindari minuman yang mengandung kopi karena kopi bisa menyebabkan anda akan selalu buang air kecil hal ini jika terjadi bisa mengakibatkan anda menjadi dehidrasi. Lebih baik anda ganti kopi dengan buah pisang sebab mengandung karbohidrat, magnesium dan potassium.
-  Jika anda bisa membeli kurma usahakan kurma yang anda konsumsi adalah kurma najwa karena mengandung banyak khasiat yang baik bagi tubuh dan kurma ini adalah kurma favorit Nabi Muhammad S.A.W.
minuman berbuka puasa
minuman berbuka puasa
- Konsumsilah makanan berbuka dalam rentang kalori sekitar 10% sampai 15% klori yang anda butuhkan. Hal ini berguna untuk mengontrol kadar gula darah anda.
-  Minumlah secukupnya namun jangan kurang agar anda tidak dehidrasi. Anda bisa minum air sekitar 1,8 litar sampai 2 liter air sehari namun jangan minum langsung sebanyak itu. Anda bisa menghabiskan air tersebut dengan 8 atau 10 kali minum.
-  Jangan minum atau makan yang mengandung bahan-bahan bersifat merangsang seperti kopi,cabe, santan kental, minuman bersoda, tape ketan, teh kental dan sejenisnya.
-   Minuman yang baik anda konsumsi sebelum tidur adalah kolak atau segelas jus buah.

Demikianlah cara memilih makanan dan minuman berbuka puasa dan beberapa tips yang bisa anda jadikan petunjuk dalam memilih makanan dan minuman anda. Semoga cara memilih makanan dan minuman ini membantu anda.

Tidak ada komentar: