Jumat, 14 Agustus 2009

Badan Langsing, Perut Ikut Susut


JANGAN berkecil hati bila timbunan lemak menutupi perut Anda. Tanpa perlu operasi sedot lemak, perut ramping pun bisa jadi kenyataan.

Perut rata dan ramping merupakan idaman banyak wanita. Namun, bila Anda sudah memasuki usia kepala tiga, pernah hamil, atau kurang bisa mengontrol nafsu makan, Anda mungkin perlu sedikit lebih berusaha mengenyahkan timbunan lemak di perut.
"Tidak ada teknik diet, makanan khusus, atau jenis olahraga tertentu yang secara khusus bisa menyingkirkan lemak perut. Tapi kabar baiknya, lemak di bagian perut merupakan jenis lemak yang akan hilang saat bobot tubuh turun," kata Michael Jensen, MD, sepesialis endokrin dari Mayo Clinic.
Terutama untuk orang yang memiliki bentuk tubuh apel atau pir, saat Anda berhasil mengurangi berat badan, biasanya lemak di bagian perut akan lebih dulu menyusut dibanding bagian tubuh lain.
"99 persen orang yang berat badannya berkurang, lemak di perutnya akan susut lebih dulu dibanding bagian tubuh lain dan akan lebih proporsional dari tubuh bagian atas," kata Jensen.
Hal itu terjadi karena lemak dalam, seperti yang ada di bagian pinggang, metabolismenya lebih aktif dan lebih mudah hilang dibanding lemak subkutan di bawah kulit, apalagi jika jumlahnya tak terlalu banyak," kata Penn State, PhD, seorang peneliti.
Jadi, makin cepat Anda mengurangi bobot tubuh, makin cepat pula lemak di sekitar perut disingkirkan. Meski mudah hilang, bukan berarti Anda boleh berdiam diri. Tetap diperlukan olahraga dan pengaturan pola makan untuk membuat timbunan lemak tersingkir.
Studi terbaru yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan mengontrol kalori dengan mengonsumsi gandum utuh akan mempercepat perampingan perut.
"Bila ingin menghilangkan lemak, konsumsi makanan sehat, kontrol asupan kalori, serta olahraga secara teratur minimal sejam sehari agar lemak cepat terbakar," kata Jansen.(*)

Sumber kompas.co.id

Tidak ada komentar: