Sabtu, 07 November 2009

Facebookers Bersatu Melawan Koruptor...

JAKARTA,KOMPAS.com - Teriknya sinar matahari tak menghalangi ribuan facebookers pendukung KPK berkumpul di Bundaran HI. Minggu ( 8/11 ) pagi, mereka menyatakan dukungan langsung kepada dua Pimpinan KPK Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto yang ditetapkan oleh Polri menjadi tersangka.

Tak tanggung-tanggung, ribuan facebookers tersebut telah menyemut di Bundaran HI hingga menjelang siang ini. Sementara itu forum facebookers dukung Chandra Dan Bibit sudah mencapai lebih dari satu juta orang di situs Facebook.

Ratno (24), salah satu facebookers yang turut serta dalam aksi tersebut menyatakan kekesalannya terhadap proses hukum yang dilakukan oleh Polri terhadap dua Pimpinan KPK tersebut. Menurutnya Polri tidak pernah tegas dalam melakukan penindakan dan proses hukum terhadap para koruptor. Hal yang ironis justru dilakukan Polri dengan mempersangkakan Chandra Hamzah dan Bibit Samad Rianto. Ratno menilai polisi tidak lagi independen dan memiliki kepentingan dengan menindak keduanya. "Kenapa justru Pak Bibit dan Pak Chandra yang ditindak. Mereka kan juga penegak hukum. Anggodo itu yang jelas-jelas harus di hukum berat," kata mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Jakarta tersebut.

Aksi para facebookers ini juga dilakukan dengan menggelar mimbar bebas dan panggung terbuka. Para musisi papan atas pun turut serta menyatakan dukungannya terhadap pemberantasan korupsi di atas panggung yang diberi nama Indonesia Sehat Melawan Korupsi.

"Mari rakyat Indonesia bersatu melawan korupsi. Jangan ada lagi mafia-mafia hukum di negeri ini. Kita ganyang koruptor," demikian orasi presenter Indra Bekti dari atas panggung. Ajakan ini pun langsung disambut oleh teriakan dan tepuk tangan dari ribuan facebookers.

Nindita (19) seorang pelajar SMU juga turut bergabung dengan forum tersebut. Sebagai seorang pelajar, Nindita mengatakan ia bingung dengan kisruh yang terjadi antara institusi penegak hukum tersebut. "Sebenarnya saya bingung dengan konflik yang terjadi. Harusnya para penegak hukum itu terbuka kepada publik. Koruptor harus dibasmi semua," ungkapnya.

Aksi ini pun masih terus berlangsung. Semakin siang para facebookers pun semakin banyak dan memadati areal Bundaran HI tersebut. Demi menentang tindakan kriminalisasi terhadap KPK, mereka nampaknya terus melakukan aksi tersebut dengan penuh semangat. "Hidup KPK, ganyang koruptor," kata artis Happy Salma.

Tidak ada komentar: