Senin, 09 Januari 2012

Guardiola Pelatih Terbaik Dunia

Zurich - Pencapaian luar biasa Pep Guardiola bersama Barcelona akhirnya diganjar penghargaan tertinggi. Dia dinobatkan sebagai Pelatih Terbaik Dunia FIFA tahun 2011.

Dalam rangkaian acara Gala Dinner FIFA Ballon d'Or di markas FIFA di Zurich, Selasa (10/1/2012), Guardiola terpilih sebagai pelatih terbaik setelah mengalahkan dua pelatih hebat lainnya, yakni Sir Alex Ferguson (Manchester United) dan Jose Mourinho (Real Madrid).

Dari hasil voting, Guardiola meraih 41.92% suara, sedangkan Ferguson 15.61% dan Mourinho 12.43%.

Penghargaan yang didapat Guardiola ini didasari prestasi yang diraihnya bersama Barca sepanjang 2011. Pelatih berusia 40 tahun itu mengantarkan Azulgrana memenangi lima gelar, yakni Liga Spanyol, Liga Champions, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, dan Piala Dunia Antarklub.

Ditambah penghargaan pelatih terbaik versi FIFA ini, berarti Guardiola setidaknya telah memenangi tiga penghargaan pelatih terbaik pada tahun ini. Sebelumnya, dia juga jadi yang terbaik versi majalah World Soccer dan IFFHS.

Sementara itu, untuk pelatih tim putri, penghargaan jadi milik Norio Sasaki. Pelatih timnas Jepang ini menyisihkan Pia Sundhage (Swedia) dan Bruno Bini (Prancis).

Sasaki mendapatkan penghargaan ini atas kesuksesannya mengantarkan negaranya jadi juara Piala Dunia Wanita 2011.
 
Sumber : detik.com

Tidak ada komentar: