Selasa, 26 Oktober 2010

Industri Keluhkan Kisruh Standardisasi Wimax

Jakarta - Genap setahun sudah Tifatul Sembiring mengemban jabatan sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika di Indonesia. Apa saja tanggapan, komentar, harapan, dan saran dari para pemangku kepentingan di industri teknologi infomasi dan komunikasi negeri ini atas kinerja beliau?

"Menurut pendapat saya tidak banyak perubahan," ungkap Suhanda Wijaya, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) kepada detikINET, Selasa (26/10/2010).

Dari pengamatan dia, Tifatul dinilai belum juga menyelesaikan kisruh standardisasi perangkat akses untuk jaringan pita lebar generasi keempat (4G) yang akan dijadikan acuan untuk komputer.

"Ada pekerjaan lama yang sampai sekarang menjadi hambatan perkembangan teknologi dan industri, seperti ketentuan standard Wimax," ujarnya.

Keluhan yang sama juga disampaikan Heru Nugroho, salah satu pengusaha yang berkutat di bidang penyediaan akses jaringan internet (ISP) dan konten multimedia.

"Tifatul seharusnya lebih concern bikin roadmap. Itu sebabnya soal Wimax yang standard nomadic dan moblle jadi kisruh begini. Ya gara-gara Kominfo kerjanya tidak mengacu ke roadmap. Karena memang belum punya roadmap yang tegas," ucapnya.

Tidak ada komentar: