Rabu, 27 Oktober 2010

Kenapa Pengalaman Belajar Naik Sepeda Tak Bisa Dilupakan?

Jakarta, Mengingat masa kecil adalah hal yang sulit karena kemampuan memori manusia yang terbatas. Tapi jika mengingat pengalaman belajar naik sepeda di masa kecil dipastikan tidak akan pernah lupa.

Kenapa kenangan belajar naik sepeda tidak bisa dilupakan?

Ternyata dari hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Aberdeen, Rotterdam, London, Turin dan New York didapatkan orang tidak akan lupa terhadap kenangan yang berupa gerakan. Hal ini berbeda jika harus mengingat tentang nama kawan, nama guru.

Studi yang diterbitkan oleh Nature Neuroscience berhasil mengidentifikasi sel saraf kunci di otak yang mengontrol pembentukan kenangan untuk keterampilan motorik, salah satunya adalah keterampilan mengendarai sepeda.

Ketika seseorang pertama kali belajar naik sepeda, maka orang tersebut akan mempelajari keterampilan motorik yang dikoordinasikan dengan bagian otak cerebellum (otak kecil). Otak kecil adalah salah satu bagian otak yang diperlukan untuk mempelajari gerakan terkoordinasi.

Ilmuwan berusaha memahami hubungan antara sel-sel saraf di otak yang terlibat dalam proses pembelajaran keterampilan motorik. Ternyata ditemukan satu tipe sel saraf yang disebut dengan molecular layer interneuron, sel ini mengendalikan sinyal-sinyal yang keluar dari sel otak kecil.

"Kami menemukan bahwa sel tersebut akan mengubah struktur sinyal yang dikeluarkan oleh otak kecil ke dalam kode tertentu yang terukir sebagai memori keterampilan motorik yang baru dipelajari dan disimpan di otak," ujar Dr Peer Wulff, pemimpin studi dari Aberdeen, seperti dikutip dari Physorg,com, Rabu (27/10/2010).

Karena itulah orang akan mudah mengingat pengalaman belajar naik sepeda karena ini berhubungan dengan keterampilan motorik yang lebih awet disimpan otak.

(ver/ir)

Tidak ada komentar: