Rabu, 25 Februari 2009

JANGAN MEMBANTING TULANG MATI – MATIAN

Seorang yang kehidupannya sudah lengkap punya kebiasaan kerja yang baik. Sebagai anggota masyarakat, di kerap kali memberikan sumbangan paling besar kepada orang lain melalui pekerjaannya. Orang yang tidak bekerja biasanya akan merasa dirinya seperti parasit : mungkin dia akan merasa dirinya kecil dan mungkin sekali orang lain akan mengukuhkan pandangannya.
Namun ada beberapa orang ada yang biasa bekerja keras terlalu keras . Mereka bekerja dalam jam kerja yang panjang di kantor dan setelah jam kerja berakhir, mereka membawa pulang tas kantor penuh berisi kertas sehingga mereka bisa meneruskan kerjanya di rumah. Baginya kerja bukan bagian dari hidupnya akan tetapi kehidupannya adalah bekerja.
Ini merupakan beban terlalu berat bagi sekedar manusia biasa. Untuk bisa hidup dengan baik orang harus bekerja, rileks, dan tidur. Dia harus membaktikan waktu dan perhatiannya kepada jadwal harian tiga serangkai ini. Hanya bekerja saja tanpa main-main akan buruk akibatnya bagi orang dalam jangka panjang, dan mungkin dia akan serangan jantung sementara masih muda.
Mengapa orang bekerja terlalu keras ? Pertama, karena mereka menjadi budak bagi gagasan keberhasilan material besar, Kedua, karena melalui kerja terus – menerus mereka bisa melarikan diri dari masalah uang dimiliknya dan orang lain.
Ingat :”Kalau anda sukses berarti keberhasilan materi dan keunggulan profesi, makin besar kekuatan anda ! Lihatlah diri anda sebagai orang sukses dan capailah sasaran anda. Tetapi bekerja mati-matian, dan berusaha terlalu memacu diri sendiri, merusak kesehatan anda – itu adalah ketololan !”
Beberapa orang menerima dirinya sendiri hanya ketika mereka bekerja. Di luar pekerjaan, mereka kebingungan, mereka tidak tahu bagaimana caranya berhubungan dengan dunia manusia kecuali dengan pekerjaan. Dalam bekerja terlalu keras, mereka membuktikan bahwa mereka manusia yang berharga. Dalam berbuat begitu mereka bisa merusak kesehatannya sendiri. Yang merupakan tragedy adalah bahwa mereka berharga, sebagai manusia dan mereka tidak menyadarinya. Kalau anda bekerja terlalu keras, katakan kepada diri anda sendiri bahwa hidup hanya sekali dan dalam kehidupan masih banyak hal lain kecuali bekerja. Hayatilah hidup setiap hari seakan-akan itu hari anda yang terakhir ! atasilah masalah yang mendorong anda menjauhi diri anda yang sesungguhnya dan memaksa anda bekerja. Definisikan kembali konsep anda mengenai sukses, mereka mengembangkan kualitas emosional anda sepenuhnya di samping kemampuan kerja anda.

Tidak ada komentar: