Kamis, 12 Maret 2009

Krisis Finansial, Bill Gates Ambil Alih Jawara Orang Terkaya Dunia

Krisis ekonomi melanda semua aspek tak terkecuali para miliuner dunia. Tahun lalu, jumlah mereka mencapai 1.125 miliuner. Tahun ini, menurut Forbes, jumlah mereka turun dan hanya mencapai 793 miliuner saja.

Ini berarti, ada penurunan sekitar 30 persen dari jumlah orang terkaya di dunia ini. Dari 1.125 miliuner, ada sekitar 373 yang keluar dari daftar, sekitar 355 orang keluar dari daftar dan 18 orang yang meninggal.
Ada pula 38 pendatang baru termasuk tiga orang taipan yang kembali masuk daftar setelah berhasil masuk ke peringkat 10 besar. Ini adalah untuk pertama kalinya sejak tahun 2003, dunia kehilangan orang terkaya dunia dalam jumlah yang cukup besar.
Orang terkaya dunia juga kehilangan banyak harta. Jumlah total harta dari mereka mencapai 2, 4 triliun. Turun sebanyak 2 triliun dari tahun lalu. Rata-rata harta mereka jatuh sebanyak 23 persen.
Bill Gates kehilangan 18 miliar dolar AS namun berhasil meraih kembali predikat orang terkaya dunia yang tahun lalu dipegang Warren Buffet. Sementara, Buffet berada di peringkat kedua dengan kehilangan uang sebanyak 25 miliar dolar AS dalam bentuk saham di Berkshire Hathaway (BRK) yang jatuh hingga 50 persen dalam kurun waktu 12 bulan.
Sedangkan, taipan telekomunikasi asal Meksiko Carlos Slim HelĂș juga kehilangan kekayaan sebesar 25 miliar dolar AS dan berada di urutan ketiga.

Sumber : Laporan Forbes

Tidak ada komentar: