Jumat, 10 April 2009

Sebentar Lagi, Satelit Jadi Tower Ponsel

IST

LAS VEGAS, TRIBUN - Perkembangan dari dunia telekomunikasi memang tak bisa dibendung. Selama ini, komunikasi menggunakan ponsel sering menjadi masalah terkait coverage sinyal. Namun, hal itu bukan menjadi masalah besar karena sebentar lagi akan dibuat ponsel yang terkoneksi dengan satelit jika tidak ada tower penerima sinyal. Demikian dilansir AP.

Juni mendatang, sebuah roket dijadwalkan akan diluncurkan dan menjadi satelit komunikasi terbesar pertama yang ada di luar ruang angkasa. Dengan posisi orbit 22 ribu di atas bumi, satelit ini menjadi payung dari segala bentuk komunikasi di AS. Antena besar ukuran 60 kaki ini akan mengambil sinyal dari ponsel.
Satelit ini berasal dari TerreStar Corp. dan akan meluncurkan dua satelit lagi pada tahun depan. Biaya dari satelit ini mencapai 1,2 miliar dolar AS. Langkah ini tentu saja akan menjadi tantangan bagi perusahaan penyedia layanan telepon satelit.
Namun, latar belakang dari peluncuran satelit ini memang masih menjadi pertanyaan karena sejumlah perusahaan yang mengembangkan proyek besar ponsel satelit berada di ambang kehancuran dan dua perusahaan besar itu adalah Iridium dan Globalstar. (widyabuana)

Tidak ada komentar: