Dewan Pers: Wartawan Bukan Musuh Siapa-siapa

07.28
Luhur Hertanto - detikNews
Jakarta - Tewasnya jurnalis televisi, Ridwan Salamun, akibat dikeroyok warga adalah modus baru ancaman kebebasan kebebasan pers. Presiden SBY harus lebih tegas mengintruksikan aparat keamanan dan mengajak masyarakat menjaga kemerdekaan pers.

Demikian kata Ketua Komisi Hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri, Bekti Nugroho, tentang tragedi di Tual, Maluku Tenggara. Hal ini disampaikannya kepada detikcom dalam pembicaraan telepon, Sabtu (21/8/2010).

"Presiden harus lebih decisive dalam membela dan menjaga kemerdekaan pers. Intruksikan ke semua pihak ikut menjaga keamanan wartawan sebab wartawan bukan musuh siapa-siapa, dia soulmate bagi masyarakat," ujar Bekti.

Jurnalis televisi senior ini tidak meragukan komitmen pemerintah mendorong kemerdekaan dan kebebasan pers. Di dalam berbagai kesempatan, tak terhitung sudah berapa kali Presiden SBY menegaskan kepedulian dan dukungan terhadap kemerdekaan pers.

"Tapi statemen beliau seolah dianggap sepi aparat di bawahnya sehingga sering terjadi kekerasan terhadap pekerja pers," sesal Bekti.

(lh/ndr)

Artikel Terkait

Previous
Next Post »