Minggu, 20 April 2008

10 Top Tip bagi Blogger baru

Catatan Editor: Jorn Barger dari Robot Wisdom menemukan(menciptakan istilah "weblog" Dec. 17, 1997 -10 bertahun-tahun yang lalu. Hal ini dilakukan untuk menguraikan sehari-hari daftar-daftar web "dibukukan" dari pengalaman surfingnya.

blog dan esei-esei Barger di Yakobus Joyce dan AI sudah mencapai rangking tinggi, hanya karena pendapat-pendapatnya tentang kebijakan Israel sudah menjadi berita yang memimpin terhadap berita-berita tentang tuduhan-tuduhan anti-semitism (lihat Wikipedia). Di dalam decade ini Barger merasa bahwa ia memperoleh beberapa trik dari blogging nya sendiri. Sehingga muncullah tuntunan baru buat orang yang baru ngeblog.

Sebenarnya tujuan dia ngeblog pada tahun 1997 adalah untuk membuat web lebih sederhana saja, dengan cara membuat "jaringan " di mana masing-masing weblog mempunyai link terhadap pengarangnya .Pada tahun 1998-1999 adalah Jamannya aku terkenal dari Weblogs, setelah aku menerapkan prinsip-prinsip yang berikut secara luas :

1. Suatu weblog yang benar adalah suatu web yang merupakan jaringan dari semua URLs, anda ingin sukses atau berbagi. (sehingga del.icio.us adalah benar-benar lebih baik untuk blogging dibanding bloggercom.)

2. Anda dapat memastikan bahwa tulisan anda adalah asli dari pemikiranmu sendiri, yang ditempatkan/diposkan di tempat lain akan tetapi jika anda mempunyai lebih banyak posting asli dibanding copy paste dari orang lain, maka itu lebih baik dan jika terpaksa mengcopy paste artikel lebih baik ikut sertakan url dari web tempat copy paste tersebut.

3. Jika anda meluangkan sedikit waktu mencari ide yang baik sebelum anda [menempatkan/ poskan], anda dapat mungkin menemukan idemu dengan baik setelah mencari di tempat lain, misalnya anda mencari lewat google, yahoo atu yang lainnya.

4. Buatlah tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca bukan karena hal itu sangat ngetrend sekarang sehingga bahasa-bahasa yang dipakai kurang dimengerti oleh pembaca. Jadi buatlah pembacamu memahami anda.

5. Anda dapat selalu menambahkan nama pengarang itu halaman sebutan/judul, ketika gambarkan suatu masalah. (Sedikitnya pastikan uraianmu adalah cukup membawa pembaca akan mengenali setiap halaman mereka telah dikunjungi, tanpa keharusan untuk mengunjungi kembali halaman sudah dikunjungi.)

6. Buatlah antara artikel mempunyai link yang sesuai terhadap artikel lain yang mempunyai hubungan.

7. Buatlah sumber yang anda bahas sehingga semua berita yang terlink akan dibaca semuanya oleh pembaca.

8. Jangan memuat berita yang asal-asalan atau bersambung dan sambungannya tidak jelas, hindari semua itu..

9. Muatlah dalam webmu artikel-artikel dari beberapa pengarang favorit dan menciptakan suatu link yang diindex oleh Google News sehingga para pembaca dapat membaca webmu juga.

10.Re Update berita-berita favoritmu setiap hari atau setidaknya seminggu sekali atau dua kali, agar orang-orang dapat membacanya karena selalu menempati index terbaik dari google.

Demikianlah tips-tips dari saya Jorn Barger

Tidak ada komentar: