Sabtu, 29 Oktober 2011

Madrid Kembali Ungguli Barca

Real Madrid hanya memberi waktu dua jam buat Barcelona untuk merasakan takhta klasemen Liga BBVA. Cristiano Ronaldo dkk berhasil mengkudeta posisi Barcelona, setelah menang 1-0 atas Real Sociedad di laga lanjutan Liga BBVA, Sabtu atau Minggu (30/10/2011) dini hari WIB.

Tiga poin tambahan ini membuat Madrid berhak duduk di posisi puncak dengan 25 poin. Mereka unggul satu poin dari Barca yang duduk di peringkat kedua dan dua poin dari Levante yang turun ke peringkat ketiga. Levante bisa kembali ke puncak jika dalam pertandingan Senin (31/10/2011) WIB dini hari, berhasil mengalahkan Osasuna.

Madrid langsung menyerang sejak awal. Ronaldo membuka peluang Madrid di meit ke-5. Sepakan kaki kirinya sebenarnya sudah mengarah tepat ke sasaran. Namun, bola gagal menembus gawang Sociedad setelah kiper Claudio Bravo berhasil menghalaunya.

Namun, saat pertandingan berjalan sepuluh menit, Sociedad tak mampu lagi membendung gempuran Madrid. Umpan terobosan dari Fanio Coentrao dimanfaatkan dengan baik oleh Gonzalo Higuain. Higuain menceploskan bola ke gawang dengan sontekan kaki kanannya, membawa Madrid unggul 1-0.

Setelah mencetak gol, Madrid justru tampak kesulitan dalam mengancam gawang tuan rumah. Beberapa kali upaya mereka mentah di kaki para bek Sociedad.

"Los blancos" baru benar-benar mengancam di menit ke-27. Menyambut umpan Higuain, Sergio Ramos mengarahkan bola ke gawang dengan sundulannya. Tapi karena sundulannya tidak terlalu keras, bola pun dengan mudah ditangkap oleh Bravo.

Di menit ke-32, giliran Ronaldo yang mengancam. Tendangan jarak jauh yang ia lesakkan dari luar kotak penalti mengarahkan bola ke sudut kiri bawah gawang Sociedad. Bola memang meluncur deras tapi Bravo masih sigap membloknya.

Sebelum laga berakhir, Madrid punya dua peluang emas lewat kaki Angel Di Maria (menit ke-40) dan Higuain (41). Namun, kedua peluang tersebut masih berhasil dipatahkan oleh kiper Sociedad. Hasilnya, hingga akhir pertandingan skor 1-0 untuk Madrid tetap bertahan.

Di babak kedua, Sociedad coba bangkit. Xabi Prieto dkk tampil lebih terbuka dan lebih berani menyerang. Mereka sempat beberapa kali merepotkan lini pertahanan Madrid yang dikomandoi oleh Pepe.

Pada menit ke-51, gawang Madrid pun sempat diancam Sociedad lewat tandukan Xabi Prieto memanfaatkan bola dari Carlos Martínez. Beruntung bagi Madrid, bola yang dilepaskan oleh Prieto masih mampu diamankan oleh Iker Casillas.

Casillas kembali melakukan penyelematan pada menit ke-61. Kali ini, kiper asal Spanyol tersebut mematahkan peluang yang didapat oleh Carlos Vela.

Permainan ngotot dari Sociedad ternyata membuat Madrid kewalahan. Pasukan Jose Mourinho tersebut terlihat sulit mengembangkan permainan, sehingga kerap gagal menembus pertahanan tuan rumah.

Memasuki menit-menit akhir, pertandingan berjalan keras. Beberapa kali pemain dari kedua tim melakukan pelanggaran keras dan beberapa diganjar kartu kuning. Enam kartu kuning harus dikeluarkan wasit di babak kedua ini, lima untuk Sociedad dan satu buat Madrid.

Akibatnya, kedua tim sulit untuk menciptakan peluang emas demi mencetak gol di babak ini. Keunggulan Madrid pun bertahan hingga akhir pertandingan.

Susunan pemain
Sociedad
: Claudio Bravo, Cadamuro, Inigo Martínez, Vadim Demidov, Mikel Gonzalez, Carlos Martinez (Imanol Agirretxe 84), McDonald Mariga, Markel Bergara Larranaga (Ruben Parlo 87), Xabi Prieto, Daniel Estrada (Antoine Griezmann 61), Carlos Vela

Madrid: Iker Casillas, Sergio Ramos, Pepe, Fabio Coentrao, Alvaro Arbeloa, Xabi Alonso, Lassana Diarra (Sami Khedira 69), Cristiano Ronaldo, Angel Di María, Gonzalo Higuain (Karim Benzema 82), Mesut Oezil (Ricardo Kaka 64)

Tidak ada komentar: