Pengertian PPC

23.29

(PPC) adalah sebuah bisnis besar. Dalam kenyataannya PPC ini adalah cara awal Google dalam menghasilkan uang, bisa dikatakan hampir semua adalah pendapatan Google, 98 persen berasal dari PPC, PPC juga sumber pendapatan terpenting bagi Yahoo!. PPC telah mengubah model periklanan massa menjadi sebuah bisnis kecil. Sebuah bisnis yang tidak perlu mengeluarkan uang untuk radio, TV, atau koran, saat ini mereka membelanjakan uangnya ke PPC dan setiap saat tetap menghasilkan keuntungan!

Setiap waktu? Pada faktanya adalah PPC tidak selalu berhasil untuk semua orang, seperti yang akan anda pahami dalam tulisan ini. Perlu adanya ketepatan kombinasi atas keuntungan kotor per penjualan, harga PPC dan rasio konversi website. Jika penggabungannya tidak tepat dan banyak bisnis yang tidak dapat mengkombinasi dengan tepat – PPC hanya akan menghabiskan keuangan kita. Usahakan semuanya berada dalam batasan dan pemikiran yang tepat, PPC akan mendatangkan keuntungan bisnis yang dapat diprediksi arus pendapatannya.

Pengertian Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click menunjukan sebuah mekanisme periklanan yang dimana pemasang iklan membayar setiap seseorang mengklik iklan tersebut. Khususnya, saat ini PPC lebih mengarah pada tampilan iklan dalam halaman hasil pencarian mesin pencari.

Setiap seseorang mengklik satu dari iklan ini, pemasang iklan akan dikenai ongkos dari iklan tersebut. Berapa banyak? Mulai dari 5 sen (di Google) atau 10 sen (di Yahoo!) sampai beberapa dolar. Beberapa iklan PPC bernilai $50 per click, terkadang bahkan lebih!

Karena sistem PPC yang besar/raksasa biasanya “mengisi/feed” ke berbagai jenis website, ketika akan membeli iklan melalui sebuah sistem seperti Google atau Yahoo! Search Marketing Solution, iklan anda mungkin mengakhiri dalam beberapa situs pencari yang berbeda. Tapi mungkin juga iklan yang anda punya didistribusikan di tempat lain, seperti dalam halaman dari seratus websites yang berbeda, terimakasih untuk program distribusi kumpulblogger serta konstribusi dari adsensecamp.

Keuntungan beriklan dengan PPC:

  1. PPC sangat cepat. Hasil dapat dilihat di search engine dalam satu atau dua hari (teorinya, hanya perlu beberapa jam, tapi pada beberapa kasus perlu beberapa saat untuk mencapai ketepatan yang pas).
  2. PPC dapat dipercaya. Menggunakan PPC untuk mendapatkan trafik bagi situs sangat dapat diandalkan. Anda dapat mendatangkan banyak trafik, dan selalu muncul untuk setiap pencarian tetap dalam search engine utama, jika Anda membayar cukup.
  3. PPC mudah pengukurannya. Anda bisa melihatnya dari jumlah trafik yang didapatkan, dan melihat dari jumlah traffic yang berubah menjadi bisnis.

Sistem PPC
Ada beberapa sistem PPC, tapi hanya ada tiga terbesar, dan sedikit system pada level dibawahnya/ level dua:

  • Google AdWords. Google AdWords bisa dikatakan sebagai sistem PPC yang paling terkenal (http://www.adwords.google.com/). Sejak Google menjadi satu-satunya search engine terpenting, sistem ini menampilkan jutaan iklan PPC setiap harinya.
  • Yahoo! Search Marketing Solution (dulunya Overture). Sistem ini juga besar, dan menampilkan jutaan iklan setiap harinya (www.overture.com/). Overture adalah perusahaan yang pertama kali mengeluarkan PPC berbasis search engine.
  • MSN adCentre. MSNmerupakan online layanan milik Microsoft, sampai dengan pertengahan tahun 2006 MSN ad Centre mendapatkan materi iklan PPC dari Yahoo!. Saat ini mereka telah membangun system PPC mereka sendiri dan menghentikan menggunakan iklan dari Yahoo! Sistem “level dua” meliputi layanan seperti FindWhat (www.findwhat.com/), LookSmart (www.looksmart.com/), Enhance (www.enhance.com/), ePilot (www.epilot.com/), Espotting (www.espotting.com), dan Kanoodle (www.kanoodle.com/).

Yang lainnya juga ada. Faktanya, ada ratusan sistem PPC tapi mereka kurang berbobot. Sebagai contoh, ketika Anda menghabiskan banyak waktu untuk mengkonfigurasi system, nilainya tidak sebanding dengan klik kelas teri yang akan didapat, karena waktu Anda sangat bernilai – mereka banyak melakukan kucurangan dalam batasan-batasan ini, (Anda akan mendapatkan sedikit atau sama sekali tidak ada trafik dari mereka, tetapi diharuskan membayar biaya setup yang tidak dapat dikembalikan. Intinya, usahakan untuk menghindari sistem PPC yang kecil, dan bergabung dengan system terbesar atau level duanya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
5 Januari 2009 pukul 19.49 delete

bayar lewat atm ma paypal.

Reply
avatar