Minggu, 28 Desember 2008

SANTAI SAJA

Pada zaman sekarang orang berusaha terlalu keras, memacu diri sendiri secara terlampau kejam. Mereka dengan kalut mendorong diri sendiri secara mati-matian dalam usaha untuk mencari uang, menjadi cantik, atau mengatasi rasa rendah dirinya. Terlalu sering hasil yang diperoleh tidak sepadan dengan upaya yang dilakukannya, tentu saja perolehan harta duniawi tidak memadai sebagai ganti hilangnya kesehatan.
Setiap hari kita melihat begitu banyak orang yang gelisah, begitu terburu-buru. Orang lain tampaknya begitu santai, tetapi mereka sebenarnya hanya pintar menutup-nutupi.
Seberapa harga keberhasilan duniawi ? apakah nilai-nilainya sama dengan tekanan darah tinggi ? apakah sepadan dengan pengorbanan kesehatan seseorang ?
Berjuta-juta orang pada zaman sekarang menderita karena ketegangan melampaui batas, sebuah penyakit lebih umum daripada salesma. Langka sekali orang bisa tenang. Dalam satu atau cara lain, tekanan darah tinggi mungkin menjangkiti lebih banyak orang dan lebih menghancurkan daripada penyakit yang kita takutkan sampai kita tidak bisa tidur karenanya, seperti kanker dan sakit jantung.
Kalau anda bergulat dengan suatu masalah, lakukanlah sebaik-baiknya, yang paling baik. Kalau anda mencapai sasaran, bagus ! kalau tidak, padahal anda sudah melakukan sebaik-baiknya, berilah diri anda sedikit nasihat yang masuk akal : bahwa anda tidak bisa melakukan lebih dari itu. Pergilah berjalan-jalan, nonton bioskop, tidur siang – singkatnya lepaskanlah semuanya, lepaskanlah semua tanggungjawab secara sadar untuk mencapai hasil.

Tidak ada komentar: