Selasa, 30 Desember 2008

TERIMALAH KELEMAHAN ANDA DAN ANDA MENJADI KUAT

Kedermawanan dimulai dari rumah sendiri. Anda tidak bisa berbelas kasihan kepada orang lain pada saat yang sama ketika anda kejam terhadap diri anda sendiri. Jika anda kejam kepada diri sendiri, maka belas kasihan anda tidak benar-benar asli. Anda akan merasa iri hati ketika anda memberikan sesuatu kepada orang lain yang tidak dapat anda berikan kepada anda sendiri.
Namun banyak orang yang kejam terhadap diri sendiri. Kita suka mencela dan menghukum diri sendiri. Ketika anda ikut ambil bagian dalam suatu diskusi, anda tidak bisa menjawab atau bertanya maka anda mengatakan kepada diri anda sendiri bahwa anda adalah lemah dan karenanya anda membenci diri anda sendiri. Dan kenyataannya memang anda lemah dan demikian pula saya. Dan itu bukan hal yang mengerikan.
Kita bukan superman dan juga kita bukan robot. Kita bukan dewa ataupun mesin. Kita produk kesalahan dan mahluk yang bisa salah pula. Ketika hidup dalam masa sulit, kitapun mengalami masa-masa keputusasaan.
Dalam sebuah kata-kata Mutiara berbunyi “Manusia dianugerahi pertimbangan akal, dia hidup karena menyadari diri sendiri, dia memiliki kesadaran diri sendiri, sesamanya, masa lampaunya, dan kemungkinan masa depannya.
Ya, manusia mempunyai keperluan dan ketakutan atau semua yang bersifat negative terhadap kepercayaan diri sendiri, namun kelemahan itu bukan hal yang mengerikan, itu sama sekali bukan kutukan – kalau anda menerimanya, karena anda adalah manusia yang mempunyai kelebihan dan kelemahan dan itu hal yang sangat wajar.

1 komentar:

andi mengatakan...

butuh motivasi lebih saat kita lemah dan gagal untuk bangkit