Minggu, 04 Januari 2009

APA YANG ANDA HARAPKAN DARI DIRI ANDA ?

Kesulitan dimulai ketika anda membenci diri sendiri untuk kelemahan anda. Kebencian diri sendiri inilah yang merusak anda dari dalam, yang mengalahkan anda sebelum anda mulai bergerak maju. Harapan anda kepada diri sendiri tidak adil.
Kalau anda punya mobil, anda akan puas kalau mobil anda melaju mulus dengan kecepatan 80 km/jam sejauh 500 kilometer atau apakah anda mengharapkannya untuk lepas landas dari tanah dan terbang ?
Kalau anda punya anjing, apakah anda merasa senang kalau dia setia dan penurut ? atau apakah anda merasa kesal karena anjing anda tidak bisa bicara ?
Pertanyaan-pertanyaan ini tentu saja menggelikan, tetapi itu menunjukkan absurditas tentang harapan anda kepada diri sendiri.
Ingatlah ini : “ Semakin anda menerima diri sendiri seperti apa adanya, dengan kelemahan anda, semakin baik anda akan bisa berfungsi walaupun menghadapi tekanan dan keterbatasan kehidupan beradab ”.
Kalau anda seorang penggemar baseball. Betapa seringnya tim liga besar mengambil pemain dengan bayaran besar hanya untuk melihat mereka gagal, mungkin hancur oleh tekanan harapan besar akan permainan mereka, sementara pemain yang tidak dieluk-elukkan dengan diam-diam maju terus melalui liga kecil, mempelajari kariernya dan akhirnya menjadi bintang liga besar !, untuk bisa merasa aman, anda harus menaikkan langit-langit supaya anda bisa meningkat ke ketinggian, tetapi tetap ada lantai bawah supaya anda tidak jatuh terlalu jauh.

Tidak ada komentar: