Kamis, 15 Januari 2009

OBAT PENENANG JIWA

Sebelumya anda harus merasa yakin bahwa keadaan jiwa yang tenang merupakan sasaran yang bisa dicapai. Mungkin ini tidak semudah kedengarannya; kalau anda dikelilingi orang-orang gelisah, mudah terkejut dan saling mendesak, mungkin anda berpikir bahwa ketenangan adalah hal yang sulit dicapai.
Para ilmuwan dan ahli social yang terkemuka mengatakan kepada kita tentang kegelisahan abnormal yang melanda kehidupan di zaman modern. Para filsuf, psikiater dan pemimpin agama sependapat bahwa orang zaman sekarang hidup tanpa ketenangan spiritual, penuh dengan emosi yang saling bertentangan dan selalu diganggu kekesalan.
Apakah ini merupakan bukti bahwa kedamaian berada diluar jangkauan anda ? Bukan. Keadaan buruk ini memperlihatkan bahwa kalau anda merasa gelisah maka anda tidak sendirian. Banyak keadaan pada zaman sekarang yang mendorong kegelisahan. Untuk menjadi tenang mulailah dengan menerima kegelisahan anda bukan menyalahkan anda karena anda gelisah. Semakin mantap penerimaan diri anda makin besar pula kemampuan anda untuk berdamai dengan diri sendiri, dengan kelemahan anda, dan semakin mudah pencapaian sasaran ketenangan bagi anda.
Anda bisa tenang, percayalah bahwa ketenangan itu bisa anda capai.

Tidak ada komentar: