Selasa, 12 Agustus 2008

POTENSI KEAJAIBAN OTAK

Otak anda bagaikan raksasa yang sedang tidur. Baru – baru ini, para peneliti dalam bidang psikologi, kependidikan , biokimia, fisika, dan matematika telah memperlihatkan bahwa kapasitas otak jauh lebih besar daripada yang kita bayangkan selama ini. Kapasitas otak yang kita manfaatkan selama ini barangkali tidak sampai satu persen dari kapasitas total otak kita. Berarti masih amat besar potensi otak yang belum termanfaatkan.

Beberapa tahun yang lalu Professor Robert Orsenstein dari universitas California menyelesaikan penelitian yang hasilnya mempertegas perbedaan aktivitasnya yang dikendalikan oleh kedua belahan otak tersebut.

Penemuan ternyata sangat mengejutkan dan penting: Secara umum belahan otak kiri mengendalikan ativitas-aktivitas mental seperti matematika, bahasa, logika, analisis, menulis dan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan hal-hal yang tadi disebutkan. Sedangkan otak kanan berkaitan dengan imajinasi, warna, musik, irama, melamun dan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan yang disebiutkan sebelumnya.

Otak sering diperbandingkan dengan sistem mesin dan perangkat listrik. Padahal hal itu salah, menurut penelitian bahwa jika semua jaringan telepon diseleuruh dunia disatukan maka baru sama dengan kemampuan otak yang seukuran hanya sebutir kacang.

Professor D. Samuel dari institut Weizmann di Israel juga menemukan bahwa selang waktu sesaat saja ada 100.000 hingga 1.000.000 reaksi kimia yang berlangsung di dalam otak. Kita baru sadar bahwa otak manusia merupakan supercomputer biologis.

Tidak ada komentar: