Senin, 04 Agustus 2008

Teman Sejati

Mungkin anda pernah tinggal di lingkungan yang menyebabkan anda tidak bisa bergaul dengan baik karena mungkin pola pikir masyarakat di lingkungan sekitar tidak sama dengan pola pikir anda, anda sudah mengikuti tuntunan Al-Quran dan Sunnah namun kehidupan masyarakat sekitar jauh dari tuntunan Al-Quran dan Sunnah. Tentu anda akan menghindar dari pergaulan namun itu adalah hal yang wajib dilakukan jika anda tidak ingin terlarut dari pergaulan mereka, sesuai dengan sunnah maka hindarilah pergaulan itu namun jangan bosan memperingatkan mereka dengan cara yang sehalus mungkin. Jika anda sendiri maka anda membutuhkan teman.Di Saat anda sendiri tidak ada yang sama dengan pola pikir anda maka anda perlu teman yang tidak mengganggu anda, tidak melecehkan anda, tidak menipu anda, seorang tetangga yang tidak mengganggu anda. Nah teman itu adalah teman sejati. Teman sejati itu adalah buku. Dengan membaca buku maka berarti anda mengasah potensi, anda melancarkan lisan, menggembirakan diri, melapangkan dada, memberikan penghormatan kepada orang awam.
Anda akan mengetahui bahwa sebulan bergaul dengan teman sejati itu adalah buku maka akan lebih baik daripada anda bergaul dengan orang seumur hidup. Dengan teman sejati anda terhindar dari duduk berbicara tak karuan dengan orang lain yang tidak lebih baik akalnya daripada anda dan tidak lebih mulia dari anda. Dengan demikina anda terhindar atau terselamatkan dari bergaul dengan orang yang gemar membenci dan terhindar dari berkawan dengan orang yang suka menumpuk harta.
Adapun faidah itu adalah :
Mengusir keraguan, kecemasan, dan kesedihan.
Menjauhkan diri tenggelam dalam kebathilan.
Menyibukkan diri sehingga terhindar dari predikat pengangguran.
Mengembangkan wawasan pengetahuan, memeperbaiki cara berpikir dan menyucikan hati.
Mendapatkan ilmu yang berlimpah serta memperbanyak hafalan dan pemahaman.
Memberi ketenangan bagi otak dan mencegahnya dari kekacauan, terhindar dari kekotoran hati, dan terhindar dari mebuang-buang waktu percuma.
Membaca dapat mengasah pemahaman kita terhadap makna suatu kata, mencapai pemahaman terhadap makna suatu kata, mencapai pemahaman terhadap materi secara utuh, memahami maksud ungkapan terlalu, mencerna dalil dalam kalimat dan mengetahui rahasia-rahasia hikmah.
Demikianlah sekelumit tentang teman sejati kita itu adalah buku. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekitar anda.

Tidak ada komentar: