Selasa, 06 Mei 2008

Menkeu Janji Gaji PNS Naik Lagi

Jakarta, Tribun - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah kembali menjanjikan kenaikan gaji bagi pegawai negeri sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian RI (Polri) pada tahun 2009 mendatang.
Persentase kenaikan belum ditetapkan namun Sri memberi sinyal gaji terendah bagi PNS di tahun depan adalah Rp 2 juta per bulan.

Selain itu, menkeu juga berjanji tetap memberikan gaji ke-13 bagi ketiga aparat pemerintah itu untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.
"Ini sebagaimana keinginan presiden yang meminta bahwa selama beliau menjadi pemimpin, upah rill PNS harus semakin sejahtera, termasuk TNI dan Polri," kata Sri saat menyampaikan pengarahan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2008 di Jakarta, Selasa (6/5).
Menkeu mengklaim, di saat awal pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), gaji terendah untuk PNS adalah sekitar Rp 700 ribu per bulan, sedangkan saat ini berada pada sekitar Rp 1,6 juta per bulan.
"Gaji terendah itu bagi PNS dengan nol pengalaman dan merupakan kelompok terendah," katanya.
SBY, kata Sri, sudah meminta kepada departemen keuangan untuk membahas kenaikan gaji yang membuat gaji PNS, TNI, dan Polri di tahun 2009, minimal Rp 2 juta per bulan.
20 Persen
Per 1 April 2008, gaji pegawai di tiga instansi pemerintah itu sudah naik sebesar 20 persen.
Dengan kenaikan terbaru ini, saat ini gaji pokok PNS terendah mencapai Rp 910 ribu dan tertinggi sebesar Rp 2,91 juta.
Tentu di luar berbagai macam tunjangan yang melekat sesuai jabatan yang disandang PNS yang bersangkutan.
Sedangkan gaji pokok TNI dan Polri yang terendah mencapai Rp 952.200 dan tertinggi sebesar Rp 3.015.300.
Untuk hakim, gaji pokok terendah mencapai Rp 1,976 juta dan tertinggi Rp 4.978.300.

Tidak ada komentar: