Jumat, 16 Mei 2008

Pembahasan GOOGLE CPA (Cost Per Action)

Maaf nih coba membahas tentang google CPA nih mudah-mudahan bisa dimengerti yah ? silahkan menyimak
GOOGLE CPA (GC) adalah program lanjutan dari GOOGLE ADSENSE (GA). Mungkin mereka melakukan Trial dan invite yg pada ikutan GA untuk gabung di GC. Jadi emang blum di publish resmi.

Ada yang bertanya apakah Google adsense bakalan dihapus atau GC dan GA akan berjalan bersama?? tapi saya kira mungkin akan dijalankan bersama. Karena pangsa pasarnya beda, mungkin publisher affiliate tidak terlalu banyak karena hanya di bayar jika orang membeli barang lewat internet, namun jika memakai adsense orang lebih tertarik mempublikasikannya karena cepat dapat uang.

GC ini mirip Affiliate Network. Jadi bukan barang baru. Kalo di GA kita dibayar Cost Per Click (CPC), nah di GC ini kita dibayar Cost per Action (CPA) artinya adalah kita baru dibayar jika pengunjung yang mengklik iklan itu jadi BELI PRODUk si pemasang iklan. Produknya bisa berupa barang, atau join ke layanan mereka.

KEUNTUNGAN GC :

- Advertiser bisa hemat biaya iklannya karena gak dirugikan oleh Fraud Click semacam GA.

- Publisher bisa jadi pendapatannya lebih besar daripada ikut GA (asal pengunjung banyak yg beli produknya advertiser. Tapi kalo jarang yg beli yaaa mendingan ikut GA aje deh hehehe

KERUGIAN GC :

- Bagi Publisher yg udah pernah frustasi ikut affiliate network, sepertinya ikut GC bakalan bernasib sama (duitnye minim). Sedangkan ikut GA, mau laku ape kagak tuh produk kite tetep dapat bayaran per klik.

- Bagi Advertiser, mereka harus mark up lagi harga produk karena mrk harus bayar komisi ke publisher dan google. Lagian kan Advertiser itu belum tentu Jualan produk, bisa jadi mereka cuma jualan info saja atau untuk meningkatkan trafik saja. Misal Portal Anu yang isinya berita ikutan pasang iklan di GC kan mereka cuma jualan info agar makin banyak pengunjung yg datang.

yahoo juga mempunyai program mirip adsense google namun hanya orang2 tertentu saja yang diajak untuk bergabung.

1 komentar:

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

Contoh bisnis CPA apa saja?