Sabtu, 07 Juni 2008

Review PPC Lokal: KumpulBlogger

Review PPC Lokal: KumpulBlogger


Setelah KlikSaya, kini giliran PPC lokal buatan mas Kukuh TW yang saya review. KumpulBlogger namanya. Saya sendiri sudah sejak beberapa bulan lalu bergabung di sana, hanya, baru sejak semalam unit iklannya saya letakkan di blog ini sebagai ajang uji coba perfomance, bergantian dengan zona iklan KlikSaya. Dan ternyata hasilnya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, masih kurang optimal.


Sebelumnya, berikut ini contoh unit iklan KumpulBlogger:


Free Image Hosting At ImageCows.Net


Salah satu kelemahan dari KumpulBlogger justru berasal dari unit iklannya sendiri (hampir sama dengan kasus kegagalan AuctionAds dulu). Dibandingkan dengan unit iklan KlikSaya, unit iklan KumpulBlogger kurang menarik, terutama pada bagian “Ads Powered”-nya. Selain itu, publisher juga tidak bisa dengan luwes memilih kombinasi warna untuk unit iklan mereka dan hanya bisa memilih satu dari dua puluh empat kombinasi warna yang telah disediakan.


Efeknya, CTR yang didapat oleh publisher relatif kecil. Blog ini misalnya, hanya memperoleh CTR sebesar 0.002%. Bandingkan dengan CTR KlikSaya yang sebesar 1.6%. Namun dari sisi komisi, KumpulBlogger memberikan nilai statis Rp 300,- per klik untuk iklan jenis teks, dan Rp 400,- per klik untuk iklan jenis mini banner — relatif lebih tinggi daripada KlikSaya yang rata-rata nilai komisi per kliknya adalah Rp 225,-


Satu hal lagi yang membuat saya agak tidak nyaman mengikuti KumpulBlogger adalah adanya halaman Top Revenue yang menampilkan daftar publisher dengan penghasilan terbesar, beserta jumlah penghasilannya. Kok rasanya kurang etis dan bikin risih.


Sisi baiknya, KumpulBlogger menerapkan sistem yang lebih simpel, baik pada saat pendaftaran publisher, penambahan blog, maupun pembuatan kode unit iklan. Selain itu, mereka mendukung berbagai bank untuk pembayaran penghasilan publisher (disarankan untuk menggunakan BCA). Batas minimal pembayarannya pun lebih rendah, hanya Rp 10.000,-


Satu lagi yang menyenangkan dari KumpulBlogger adalah keberadaan sistem referral, dimana untuk tiap klik yang diperoleh oleh referral kita akan menambah pundi-pundi penghasilan kita sebanyak Rp 25,- Yah udah gak cukup buat dibeliin krupuk sih, tapi lumayan kok buat ditabung, hehehe.


Mau bergabung dengan KumpulBlogger? :)


Berikutnya akan dibahas tentang PPCIndo. Tunggu tanggal mainnya :)


UPDATE: Tambahan informasi mengenai sistem komisi di KumpulBlogger.



Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 5 June 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

Tidak ada komentar: