Kamis, 26 Juni 2008

UNSUR DATABASE

ENTITY
Entity adalah orang, tempat, kejadian atau konsep yang informasinya direkam. Pada bidang Administrasi siswa misalnya entity adalah siswa, buku, pembayaran, nilai test. Pada bidang kesehatan, entity adalah pasien, dokter, obat, kamar, diet.
ATTRIBUTE
Setiap Entity mempunyai attribute atau sebutan untuk mewakili suatu entity. Seorang siswa dapat dilihat dari attribute misalnya nama, nomor siswa, alamat, nama orang tua, hobby. Attribute juga disebut sebagai elemen, data field, data item.
DATA VALUE(Nilai atau isi data)
Data value adalah data actual atau informasi yang disimpan pada tiap data elemen atau attribute. Attribute nama karyawan menunjukkan tempat dimana informasi nama karyawan disimpan, sedang data value adalah sutrisno, budiman, merupakan isi data nama karyawan tersebut.
RECORD/TUPLE
Kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tetntang suatu entity yang lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi tentang seseorang misalnya nomor karyawan, nama karyawan, alamat, kota, tanggal masuk.
FILE
Kumpulan record-record yang sejenis mempunyai panjang elemen yang sama, attribute sama, namun berbeda-beda data valuenya.
DATABASE
Kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lainnya sehingga membentuk satu bangunan data untuk menginformasikan satu perusahaan, instansi dalam batasan tertentu.

Tidak ada komentar: