Selasa, 29 Juni 2010

Bill Gates Bukan Lagi Orang Terkaya di Dunia


KOMPAS.com — Gelar orang terkaya di dunia tidak lagi disandang pendiri Microsoft, Bill Gates. Predikat itu kini diambil oleh Carlos Slim Helu, pengusaha asal Meksiko. Demikian menurut daftar orang terkaya dunia 2010 yang dirilis Forbes. Dengan munculnya nama Helu, untuk ketiga kali dalam tiga tahun terakhir, dunia memiliki orang-orang terkaya baru.

Helu mendapatkan kekayaan dari bisnis telekomunikasi, termasuk dari raksasa mobile America Movil (AMX). Kekayaan Helu diperkirakan mencapai 53,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 500 triliun, naik sebanyak 18,5 miliar dollar selama 12 bulan. Harga saham America Movil, tempat Helu memiliki saham senilai 23 miliar dollar AS, naik 35 persen dalam setahun ini. Kenaikan tersebut mendorong Helu menggeser posisi Bill Gates yang menjadi orang terkaya dunia 14 kali berturut-turut dalam 15 tahun terakhir.

Gates saat ini memiliki kekayaan 53 miliar dollar AS dan menduduki posisi orang terkaya kedua di dunia. Kekayaannya naik 13 miliar dollar AS dibandingkan tahun lalu seiring naiknya nilai saham Microsoft sebesar 50 persen dalam 12 bulan terakhir.

Sedangkan orang terkaya ketiga, Warren Buffett, menambah kekayaan sebesar 10 miliar dollar AS menjadi 47 miliar dollar AS karena naiknya nilai saham Berkshire Hathaway (BRK).

Dalam daftar orang-orang terkaya versi Forbes, banyak nama yang melejit kekayaannya karena nilai saham yang mereka miliki meningkat. Daftar yang disusun tahun ini menunjukkan kenaikan jumlah orang kaya, yakni 1.011 orang, naik dibandingkan 793 tahun lalu meski tak sebanyak tahun 2008 yang mencapai 1.125. Dalam daftar tampak pula bahwa orang-orang terkaya di dunia masih didominasi warga AS, yakni sebesar 40 persen. Meski begitu, angka ini turun dibandingkan persentase tahun lalu yang besarnya 45 persen.

Di antara mereka yang tercatat sebagai orang kaya baru dalam daftar Forbes, 104 di antaranya berasal dari Asia. Dari jumlah itu, ada 27 nama dari China, termasuk Li Shufu, pemilik industri mobil Geely yang berencana membeli merek Volvo dari Ford. Perjanjian itu dijadwalkan selesai Maret 2010.

Sementara Finlandia dan Pakistan memasukkan masing-masing satu nama dalam daftar orang terkaya dan dari Rusia ada 62 nama. Nama-nama baru lain datang dari India, Turki, dan Korea Selatan.


Tidak ada komentar: