Rabu, 09 Juni 2010

Ketagihan Soto Jakarta Bang Madun

Ketagihan Soto Jakarta Bang Madun

Jakarta - Soto yang satu ini tak hanya isinya yang serba komplet tetapi rasanya juga istimewa. Dengan campuran bumbu kacang mede membuat rasanya tambah gurih dan lezat saat dikunyah bersama dengan irisan daging, pari, dan usus sampi yang empuk. Penggemar soto hmm... dijamin ketagihan!

Begitu teman bertanya hendak makan siang di mana, kontan saja yang keluar dari mulut adalah Soto Jakarta Bang Madun yang berlokasi di Jalan Barito, Jakarta Selatan. Penyebabnya adalah beberapa waktu lalu saya sempat menonton tayangannya di salah satu stasiun televisi swasta dan bertekad untuk mencicipinya suatu saat nanti.

Perjalanan dari wilayah SCBD ke lokasi tidak membutuhkan waktu lama, hanya 20 menit saja. Tempatnya berupa kios sederhana, berada satu area dengan kios penjual buah dan makanan burung. Selain soto ini, masih ada beberapa tempat makan yang tampaknya layak juga untuk diicipi. Di antaranya ada bebek goreng, gudeg, bahkan kudapan ringan seperti onde-onde pun ada.

Begitu duduk di bangku kayu, pelayan segera menghampiri menanyakan pesanan yang diinginkan. Satu soto campur dan teh tawar panas, pinta saya tanpa berpikir panjang. Tak berapa lama sepiring nasi putih bertabur bawang goreng, semangkuk soto berukuran sedang dan segelas teh terhidang di meja. Tak lupa sepiring kecil bumbu kacang pun tersaji. Bukan sekedar bumbu kacang biasa loh, karena terbuat dari kacang mede. Pantesan rasanya pun istimewa.

Kuah santan soto berwarna kecoklatan karena berbaur dengan bumbu kacang, berpadu dengan isian berupa daging, paru, dan usus sapi, serta emping goreng. Yang spesial di sini adalah daging dan aneka jeroan sapi setelah direbus bersama bumbu khas Bang Madun sampai empuk, kemudian digoreng sampai berwarna coklat sehingga rasa soto menjadi lebih gurih. Tambahan kucuran jeruk nipis dan sedikit sambal cabe cair semakin melezatkan soto ini. Jangan lupa juga acar ketimunnya ya...

Ternyata soto Bang Madun ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Wuih, sudah lama banget ya.. dan masih eksis sampai sekarang. Kabar yang didengar, omzet penjualan bisa mencapai Rp 5 juta sehari hebat banget ya? Bukanya setiap hari dari jam 10.00-16.00 WIB.

Waktu yang tepat untuk mampir kesana adalah sebelum atau sesudah makan siang karena lebih leluasa tempat duduknya. Oh ya, hampir lupa, harga yang dibayar untuk pesanan saya tadi hanyalah Rp 18.000,00 saja. Pastikan untuk menyantapnya bila ada waktu dijamin tak akan menyesal.

Soto Jakarta Bang Madun
Jl. Barito, Jakarta
(Dekat Taman Ayodia)
Jam Buka: 10.00-16.00

Tidak ada komentar: