Rabu, 23 Juni 2010

Obama Pecat Komandan Pasukan AS di Afganistan


Washington - Presiden AS Barack Obama mencopot Komandan Pasukan AS di Afganistan, Jenderal Stanley McChrystal. Hal ini menjadi buntut dari pernyataan McChrystal di majalah Rolling Stone yang dinilai menghina Obama dan pemerintah sipil AS.

"Berat kehilangan Jenderal McChrystal, tapi saya kira ini pilihan tepat untuk keamanan nasional kita," ujar Obama dalam keterangan persnya seperti ditulis AFP, Kamis (24/6/2010).

Obama mengaku melakukan hal ini untuk menjamin kelangsungan misi AS di Afganistan. Selain itu untuk menghindari perpecahan di kalangan militer dan pemerintah AS. Hal ini juga untuk menunjukkan bahwa militer AS berada di bawah pemerintahan sipil.

"Saya menghargai perbedaan pendapat, tetapi tidak ada toleransi untuk perpecahan," tegas Obama.

Posisi McChrystal aakan digantikan oleh Jenderal David Petraeus. Petraeus merupakan salah seorang jenderal senior AS. Posisinya saat ini sebagai Panglima US Central Command.

Dalam artikel yang berjudul The Runaway General di Majalah Rolling Stone, McChrystal dinilai telah menghina Obama serta pemerintah sipil AS. McChrystal dan para perwiranya juga menyebut pertemuannya dengan Obama di Pentagon sebagai acara foto bersama belaka karena Obama tidak mengetahui soal kemiliteran.

(rdf/asp)

Tidak ada komentar: