Jumat, 30 Juli 2010

Mobil Termurah dan Termahal

Syubhan Akib - detikOto

Gambar
Jakarta - Pameran mobil Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 saat ini tengah berlangsung. Namun dari sekian banyak mobil yang dipamerkan, mobil manakah yang menjadi mobil termahal dan termurah yang dibawa ATPM ke pameran ini?

IIMS 2010 yang diselenggarakan di kawasan JIExpo, Kemayoran, Jakarta menempati lahan seluas 57.830 meter persegi dan hingga 29 Juli 2010 telah berhasil menyedot perhatian dari 147.476 orang pengunjung.

Dan ternyata dari sekian banyak mobil yang ada, Audi Audi R8 FSI Quattro-lah yang menjadi mobil termahal di IIMS dengan banderol mulai dari Rp 5,3 miliar.

Sementara mobil nasional Indonesia, Tawon menjadi mobil termurah yang dipamerkan di IIMS dengan harga Rp 48 jutaan saja.

Sebenarnya memang ada mobil lain seperti Rolls-Royce Ghost yang ditengarai memiliki harga lebih mahal dan ikut dipamerkan di IIMS ini. Tapi mobil itu bukan diboyong oleh pabrikan mobil resmi melainkan hanya dibawa oleh Importir Umum saja. Harganya belum bisa dipastikan importir umum.

Nah kalau begitu, mari kita kupas apa kehebatan Audi R8 FSI Quattro yang menjadi mobil termahal dan Tawon yang menjadi mobil termurah di pameran paling bergengsi ini.

Di lihat secara fisik Audi R8 FSI Quattro memang menyiratkan aura sport nan eksotis yang begitu kuat. Desain Audi R8 FSI Quattro terkesan sangat tajam untuk menunjang dinamisasi dan aerodinamika mobil ini.

Hal itu tidak mengherankan. Sebab Audi R8 FSI Quattro dilengkapi oleh mesin V10 berkapasitas 5.2 liter direct injection yang sudah mengaplikasi teknologi FSI khas pabrikan Jerman tersebut.

Dengan mesin tersebut, mobil yang diboyong oleh PT Garuda Mataram Motor yang menjadi ATPM Audi di Indonesia ini pun akhirnya mampu berakselerasi dari diam sampai ke kecepatan 100 km per jam hanya dalam waktu 3,9 saja dan mencapai kecepatan puncak hingga 316 km/jam.

Kemampuan hebat tersebut memang tidaklah aneh, apalagi bila kita mengetahui kalau mobil ini memiliki kekuatan yang cukup ganas yakni mencapai 525 hp dengan torsi hingga 530 Nm.

Sementara Tawon yang dibuat oleh PT Super Gasindo Jaya (SGJ) yang berasal dari Cimahi, Bandung, Jawa Barat tampil dengan imut dan minimalis.

Bentuk tubuh mobil yang mengambil konsep city car ini sangat berlawanan dengan desain tubuh Audi R8 FSI Quattro. Karena bila Audi R8 FSI Quattro tampil dengan garis tajam di sekujur tubuhnya, Tawon tampil dengan lekuk tubuh yang cenderung membulat dan terkesan imut bila dilihat.

Begitu pula dengan dapur pacunya, Tawon dan Audi R8 FSI Quattro bukanlah dia mobil yang seharusnya bisa dikomparasikan. Sebab bila Audi R8 FSI Quattro memiliki mesin gila dibalik bonnetnya, Tawon tampil dengan mengusung desain mesin asli Indonesia yang ramah lingkungan.

Saat ini Tawon sudah mengusung mesin 4 Stroke dengan 3 silinder yang setara dengan mesin 650 cc. Mobil ini mampu menampung 4 penumpang dewasa dan dapat berakselerasi dengan lembut berkat transmisi manual 4 percepatan yang diaplikasinya.

Menurut Project Manager Njoto Kuntoaji menuturkan blok mesin Tawon sudah menggunakan aluminium alloy. "Ini sama dengan yang dipakai mobil mewah seperti Jaguar dan lain-lain," ujarnya.

Bagaimana pun Tawon adalah mobil nasional Indonesia dan bisa jadi ini akan
menjadi mobil masa depan Indonesia.

Penasaran dengan keduanya? langsung datangi saja arena IIMS 2010. Di pameran otomotif paling bergengsi ini, Audi R8 FSI Quattro bisa dinikmati di Hall A8 JIExpo. Sedangkan Tawon akan tampak di stand mereka di pojok Hall C2 arena JI Expo.
( syu / ddn )

Proudly brought to you by Proton

Tidak ada komentar: