Sabtu, 12 Juli 2008

Meminimalkan Serangan Virus tanpa Anti Virus II

Lanjut dari artikel terdahulu. Maka kami paparkan cara merename file msvbvm60.dll dengan cepat

- Cara me-rename file msvbvm60.dll dengan cepat:
Terlebih dahulu buatlah file vbren.bat dan vbfix.bat :

- Buka notepad.exe dan ketikkan :
ren C:\windows\system32\msvbvm60.dll 11111msvbvm60.dll

- lalu save dengan nama: “vbren.bat” dan disimpan di direktori “C:\windows\”,,

- jika sudah di simpan, buatlah satu lagi tapi isinya :
ren C:\windows\system32\11111msvbvm60.dll msvbvm60.dll

- lalu save dengan nama: “vbfix.bat” dan disimpan juga di direktori “C:\window\”

Setelah file vbren.bat dan vbfix.bat selesai dibuat, maka apabila anda ingin merename file msvbvm60.dll anda tinggal membuka “Start menu – RUN” atau lebih cepatnya pencet tombol “Win+R” dan ketikkan vbren lalu Enter, maka file msvbvm60.dll tersebut namanya akan berubah menjadi 11111msvbvm60.dll
Dan apabila anda ingin mengembalikan namanya seperti semula, buka kembali RUN atau pencet tombol “Win+R” dan ketikkan vbfix lalu Enter, maka file msvbvm60.dll tersebut namanya akan kembali menjadi msvbvm60.dll

- Mematikan fungsi Auto Run pada System
virus-virus sekarang yang menyebar lewat removable disk seperti USB Flash disk, memory card, dan lain-lain dapat mengaktifkan dirinya secara otomatis untuk menjangkiti komputer kita. Hal tersebut disebabkan karena virus-virus tersebut menggunakan fasilitas “autorun” pada Sistem Operasi Windows, yaitu dengan menambahkan file autorun.inf dan folder.htt di dalam peralatan removable agar apabila peralatan removable tersebut saat dikoneksikan dengan komputer, virus yang ada didalamnya bisa langsung menyerang secara otomatis tanpa harus menunggu untuk diaktifkan oleh user, seperti halnya virus-virus terdahulu.
Jadi untuk menghindari virus-virus semacam itu kita harus mematikan fungsi autorun pada system operasi windows.
- Cara mematikan fungsi autorun pada windows:
- Buka RUN lalu ketikkan “gpedit.msc” untuk membuka “Group Policy”.
- Buka pada bagian “Computer Configuration - Administrative Templates – System”.
- Lalu pada bagian kanan windows di tab “setting” cari tulisan “Turn off Autoplay” dan click2x / enter, akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
- Beri tanda cek pada pilihan “Enable”, lalu dibawahnya pada bagian “Turn off Autoplay on” click “All Drive” pada pilihannya. Untuk lebih jelasnya lihat gambar disamping.
- Setelah tadi kita menyeting pada bagian “Computer Configuration” selanjutnya pada bagian “User Configuration” (“User Configuration - Administrative Templates – System” ) juga harus diseting dengan cara yang sama seperti langkah-langkah diatas.
Dengan begitu apabila ada virus yang memanfaatkan fungsi autorun pada windows untuk masuk kekomputer dapat tercegah dan kita bisa menghapusnya sebelum menyerang. Kalau menurut saya sebaiknya kalau bisa kita jangan terlalu bergantung pada anti virus ataupun aplikasi2 instan yang lain yang sebenarnya masih bisa dilakukan secara manual, kecuali memang sangat diperlukan. Jadilah pintar dengan bekerja keras agar kita tidak selalu menjadi korban dari orang yang lebih pintar dari kita. Mudah-mudahan hal ini dapat sedikit membantu.

Tidak ada komentar: