Selasa, 08 Juli 2008

Orang Bodoh Lebih Cepat Sukses

Mungkin dari judul yang saya angkat ini mengundang perhatian anda. Kok orang bodoh bisa lebih cepat sukses ? Nah disinilah bahan yang akan kita bahas. Orang bodoh yang kita tahu adalah orang yang telat mikir dan mempunyai pemikiran kurang kreatif, hidup kurang perencanaan dan segala perbuatan yang dinilai oleh orang normal adalah orang yang hidup tanpa arah tertentu.
Orang bodoh yang dimaksud disini adalah orang yang melakukan sesuatu tanpa perencanaan yang matang, yang artinya berbuat dahulu tanpa menganalisa sebelumnya.
Sedangkan orang pintar adalah orang yang sebelum melakukan sesuatu maka mereka berpikir dahulu menganalisa segala sesuatu kemudian baru berbuat.
Sebagai illustrasinya adalah jika ada dua orang yang akan berangkat ke bali, kedua orang tersebut adalah orang pintar dan orang bodoh. Tindakan orang pintar adalah menganalisa seperti apa tujuan saya ke bali ? apakah cukup uang untuk kesana ? bagaimana setelah saya tiba di sana ? mau menginap di mana ? dan lain-lain. Sedangkan orang bodoh melakukan pembelian tiket tanpa berpikir seperti orang pintar tadi. Namun kalau dilihat dari perbuatan adalah orang pintar belum berbuat karena terlalu banyak analisa sehingga menghalanginya untuk pergi, sedangkan orang bodoh melakukan action dahulu baru kemudian tahu apa kekurangan dari keputusanya, sehingga baru ada analisa kegagalan setelah adanya perbuatan yang tanpa terencana.
Saya salut atas pendapat tentang hal ini yang dicetuska oleh seorang dari Bali yang bernama pak I Nyoman Londen(mudah-mudahan tidak salah mengejanya yah ?), yang terbukti memiliki 700 toko idola burger di seluruh Indonesia. Padahal bapak dalam bidang pendidikan kurang berhasil. Namun modal yang dipunyai yaitu BOL, TOL, MOL, SOL, KOL,IOL, WOL dan lain-lain yang saya lupa … yang artinya sebagai berikut
BOL = Bantuan Orang Lain
TOL = Tenaga Orang Lain
MOL = Modal Orang Lain
SOL = Skill Orang Lain
KOL = konsep Orang Lain
IOL = Ide Orang lain
WOL = Waktu Orang Lain.
Nah dengan modal ini maka bapak I Nyoman Londen maka bapak ini mempunyai 700 toko dagangan dengan nama Idola Burger. Padahal usahanya sampai 11 kali gagal. Namun mulai tahun 2005 sampai 2008 ini mempunyai 700 toko tersebut. Nah modal tambahannya adalah JUJUR dan DISIPLIN. Dengan semangat gigih ini maka bapak I Nyoman Londen berhasil menunaikan keinginannya dan tidak ada kata pensiun oleh dia. Katanya jika anda berhenti berusaha dan belajar maka disitulah dimulianya suatu kegagalan, bahkan dia pernah bertanya kepada bapak BOB SADINO yang sekarang berumur lebih 70 tahun ini mempunyai prinsip yaitu tidak ada kata pensiun dalam hidupnya. Jadi sebenarnya modal utama dari ini semua adalah Nekad sebagai orang bodoh dan tidak pernah berhenti berusaha dan tidak pernah merasa berhasil.Mudah-mudahan artikel ini bisa menjadi inspirasi anda dalam menempuh hidup selanjutnya. Selamat berusaha dan semoga berhasil.

1 komentar:

Revarius mengatakan...

waduh menarik juga artikelnya hehehehe SOL,BOL dan lain2 hehehehehe